Rabu, 11 Mei 2011

Internet Sharing





1. Internet Sharing
Internet sharing adalah kemampuan untuk melakukan sharing/berbagi koneksi internet. Dengan hanya sebuah saluran komunikasi (misalnya telepon) beberapa komputer bisa digunakan secara bersama-sama sekaligus untuk koneksi ke internet. Tentu biaya komunikasi (dalam hal ini adalah telepon) dan akses internet dapat dibagi ke semua komputer workstation sehingga biayanya leih murah.
Secara garis besar, komponen-komponen internet sharing adalah :
1. Gateway
2. Jaringan/LAN yang terdiri dari workstation-workstation
3. Koneksi internet

1. Gateway
Komputer gateway (gateway=gerbang) digunakan sebagai penghubung antara jaringan/LAN dan internet. Biasanya menggunakan suatu perangkat lunak proxy (misal : WinGate) dengan fasilitas tersambung ke internet (dalam hal ini menggunakan dial up telepon). Kita cukup menggunakan satu IP Address yang dikenal/teregristrasi di internet dari ISP di mana kita mendaftar.
2. Jaringan/LAN
Terdiri dari komputer-komputer yang dapat terkoneksi ke internet melalui gateway secara bersama-sama. Komputer-komputer ini menggunakan IP private (IP yang tidak dikenal oleh internet/jaringan luar) misalnya menggunakan IP 10.x.x.x.
3. Koneksi internet
Metode yang digunakan untuk melakukan koneksi ke internet (dalam hal ini menggunakan dial up telepon).






CONTOH TOPOLOGI SEDERHANA




















Perhatikan gambar di atas. Jaringan di atas terdiri dari empat buah komputer. Tiga buah di antaranya adalah workstation, masing-masing menggunakan IP private. Sedangkan gateway selain mempunyai IP private juga mempunyai IP address yang terdaftar di internet didapat dari ISP-nya.

2.Pengenalan WinGate
Wingate adalah program yang dapat digunakan untuk melakukan internet sharing di sistem operasi Windows selain juga mempunyai banyak fasilitas lainnya antara lain :
Proxy
Beberapa servis proxy internet yang penting :
Servis Fungsi Nomor Port (umum)
Web (www) Mengakses web 80 / 8080
FTP (File Transfer Protocol) Mengambil file 21
Telnet Login ke komputer lain 23
RealAudio Mendengar audio 1090
SOCKS Servis yang interaktif (misal ICQ) 1080

Penerapan kebijakan/policy
Kita dapat mengatur beberapa kebijakan yang dapat diterapkan pada komputer client. Kebijakan itu terutama menyangkut masalah penggunaan servis proxy yang kita berikan, meliputi :
 Penggunaan password pada komputer client untuk menggunakan servis proxy
 Pembatasan-pembatasan pada user tertentu
 Pembatasan-pembatasan pada servis tertentu

Caching
Dengan fasilitas ini maka kita dapat menyimpan halaman-halaman web yang diakses dari internet. Jika ada beberapa pengguna komputer client mengakses halaman web yang sama, maka WinGate hanya akan mengambil satu halaman saja. Selanjutnya pengguna lain akan memperoleh halaman web tersebut dari cache yang disimpan oleh WinGate. Caching dapat menghemat bandwidth ke internet dan mempercepat pemanggilan halaman web.

Dialer
WinGate mempunyai kemampuan untuk mendial ke internet dan membackup hubungan ke internet tersebut jika hubungan ke ISP yang pertama gagal.

Selain yang disebutkan di atas, masih banyak fasilitas lainnya yang dimiliki WinGate. Silakan untuk membaca manualnya/HELP.

3.Internet Sharing Pada Linux
Secara garis besar, Internet sharing pada Linux meliputi :
 IP Masquerade (masquerade = menyamar)
Sehingga yang terjadi di sini adalah penggunaan IP gateway (IP Internet) oleh komputer-komputer di jaringan (workstation) secara bersamaan, berganti-ganti dengan cepat.
 IP Forwarding
Fungsi yang dilakukan di sini adalah memforward permintaan-permintaan workstation ke jaringan luar (misal : internet)

Untuk mengaktifkan internet sharing pada Linux, ada beberapa hal yang harus dilakukan :
1. Konfigurasi kernel ATAU konfigurasi modul
Secara default, Redhat belum mendukung fasilitas internet sharing. Untuk itu dapat dilakukan dua cara, yaitu kompilasi ulang kernel ATAU melakukan load modul. Load modul dapat dilakukan dengan cara mengeksekusi beberapa perintah `modprobe`. Sedangkan kompilasi kernel dilakukan dengan mengaktifkan fasilitas IP Masquaerade.
2. Mengaktifkan option IP forwarding (pada file /etc/sysctl.conf)
3. Menggunakan aplikasi untuk IP forwarding (misalkan : ipchains)
Aplikasi ini digunakan untuk melakukan forwarding IP agar dapat menjembatani jaringan/LAN kita dengan internet.









sip....

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More